Student Show
PROJECT SCRAPBOOK LINGKUNGAN SEKOLAH
TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI
Guru Pembimbing: (Fatimah Azzahra S.Pd.) (Nursyahidah M.Pd., Gr.)
Dalam upaya memadukan pembelajaran akademis dengan kreativitas, guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia kelas X-E1 (BSC) meluncurkan proyek inovativ yang menggabungkan analisis lingkungan sekolah dengan seni. Proyek ini melibatkan pembuatan scrapbook sebagai bentuk laporan hasil observasi mengenai kondisi dan aspek lingkungan sekolah.
Proyek ini dimulai dengan pembagiaan kelompok kepada siswa untuk mengamati berbagai aspek lingkungan Sekolah (SMAN 1 Woha). Setiap kelompok mendapatkan topik spesifik, seperti Kolam Teratai, Salaja Literasi, Musala, Bunga Mahkota Berduri, dan Bunga Bougainvillae. Siswa diminta untuk melakukan observasi secara mendetail, mencatat temuan, dan menyusun laporan mengenai area yang mereka amati.
Selanjutnya, siswa diminta untuk menyajikan hasil observasi mereka dalam bentuk scrapbook. Scrapbook ini dirancang untuk tidak hanya menampilkan laporan teks, tetapi juga mencakup elemen visual seperti foto, ilustrasi, dan grafik yang menggambarkan kondisi lingkungan sekolah secara lebih menarik.
Selama proses pengerjaan, siswa diberikan referensi mendesain layout scrapbook, memilih elemen visual yang tepat, dan menyusun teks laporan dengan gaya yang kreatif. Mereka menggunakan berbagai teknik seni untuk membuat scrapbook dengan lebih berwarna dan informatif, termasuk kolase, sketsa tangan, dan infografis. Pengerjaan project scrapbook ini dilakukan dalam kurun waktu 1 minggu.
Berbagai kelompok siswa kelas X BSC yang mengamati lingkungan sekolah, mengungkapkan betapa menyenangkannya pengalaman ini. "Kami merasa senang, bahagia, antusias, dan juga memiliki pengalaman unik. Menyusun scrapbook membuat laporan kami lebih hidup dan berwarna".
Proyek ini tidak hanya membantu siswa dalam memahami topik
lingkungan sekolah, tetapi juga meningkatkan kemampuan mereka dalam bekerja
sama dan berkomunikasi secara efektif. Selain itu,proyek ini melatih mereka
untuk melakukan mini riset, meningkatkan literasi dan skill desain, dan juga
mengembangkan kemampuan mereka dalam mengasah kreativitas.
Project scrapbook juga adalah salah satu bentuk penerapan pengembangan keterampilan abad ke-21 dalam era digital yang terus berkembang pesat yaitu communication (komunikasi), collaboration (kolaborasi), critical thinking (pemikiran kritis), dan creativity (kreativitas) menjadi semakin penting. Sudah saatnya Lembaga pendidikan semakin menyadari kebutuhan untuk mempersiapkan siswa dengan kemampuan yang dapat menghadapi tantangan global dan perubahan teknologi yang cepat.
(Admin).