BSC
TEAM BILINGUAL SCIENCE CLASS
FOTO BERSAMA WALI KELAS BSC
Bilingual Science Class (Kelas Sains Bilingual)
Mengasah Keterampilan Sains Dan Bahasa,
Mengembangkan Kecerdasan Spiritual Dan Membangun Karakter Positif Siswa SMAN 1 Woha.
Apa itu Bilingual Science Class (Kelas Sains Bilingual) ?
Kelas sains bilingual ini merupakan program kelas yang bersifat inklusif yang dirancang sebagai bentuk investasi masa depan siswa, dengan memiliki bekal kemampuan berfikir secara saintifik dan kemapuan bahasa inggris yang cukup memadai serta kecerdasan spiritual dan karakter positif, ini adalah upaya untuk mempersiapkan mereka menghadapi dunia yang semakin global.
Tujuan Bilingual Science Class (Kelas Sains Bilingual) ?
Tujuan dari kelas bilingual bisa bervariasi tergantung konteks dan tujuan pendidikan spesifik dari sekolah atau program yang menyelenggarakannya. Namun beberapa tujuan di bawah ini dirancang sesuai dengan kebutuhan peserta didik dikelas BCS SMAN 1 Woha, antara lain:
a. Menguasai Komponen Sains
Memperdalam pemahaman siswa terhadap konsep-konsep sains melalui pembelajaran interaktif dan eksperimen.
b. Pengembangan Kemampuan Menggunakan Dua Bahasa
Salah satu tujuan utama kelas bilingual adalah untuk meningkatkan kemampuan komunikasi, pemahaman dan penulisan dalam dua Bahasa (Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris) dalam konteks akademik maupun non akademik.
c. Membangun Kepercayaan Diri
Memupuk rasa percaya diri siswa dalam berkomunikasi dan berkolaborasi dengan menggunakan dua Bahasa.
d. Peningkatan Pemahaman Budaya
Melalui pembelajaran dua bahasa, siswa bisa meningkatkan pemahaman mereka tentang budaya yang terkait dengan setiap bahasa. Hal ini membuka pikiran siswa terhadap perspektif-perspektif yang berbeda dan mempromosikan toleransi budaya.
e. Membuka Peluang Masa Depan
Dunia yang semakin terhubung secara global, membuat kemampuan berbahasa asing sangat berharga dalam berbagai bidang karir. Kelas bilingual membantu siswa mempersiapkan diri untuk lingkungan kerja yang multikultural dan multibahasa.
Konsep dasar kelas sains bilingual (BSC)
1. Bilingual (Dua Bahasa)
Pendekatan pengajaran dan pembelajaran yang dilakukan menggunakan dua Bahasa. selain melatih kemampuan berbahasa dan berkomunikasi, pembelajaran bilingual diharapkan mampu meningkatkan kognitif siswa.
2. Science (Sains)
Sains disini penerapannya bukan hanya pada rumpun mata Pelajaran tertentu (fisika, Biologi dan kimia), tetapi untuk semua mata Pelajaran, dengan harapan anak didik mampu menerapkan metode saintifik dalam berfikir dan menyelesaikan masalah.
3. Character (Kecerdasan Spiritual dan karakter Positif)
Berbeda dengan konsep kelas bilingual pada umumnya, inovasi pembelajaran dikelas BSC SMAN 1 Woha bertujuan untuk mendorong karakter siswa yang MATEDI (mandiri, terampil, disiplin, dan Inovatif, serta mengembangkan kecerdasan spiritual siswa di linginkungan sekolah).
Bentuk- Bentuk Program Pembelajaran Kelas BSC
Terdapat 12 jenis program kelas BSC yang merupakan irisan dari tiga konsep dasar program kelas BSC, antara Lain:
1. English Hours (Penggunaan Bahasa Inggris pada waktu-waktu tertentu)
2. Belajar 5 Kosa Kata Baru Per Hari
3. Melakukan Refleksi Harian Melalui Formular Daily Activities
4. Melakukan Refleksi Migguan Melalui Formulir Weekly Activities
5. 15 Menit Membaca Di Sekolah
6. One Day One Ayat (Belajar Alquran Satu Hari Satu Ayat)
7. Pengayaan Vocabularies
8. BSC Newsletter (Buletin Sekolah)
9. Membuat Review Hasil Bacaan
10. Menonton Film Motivasi
11. Meet & Greet (Sharing Session)
12. BSC Student Show
Dengan adanya program Bilingual Science Class (BSC) di SMAN 1 Woha diharapkan dapat memotivasi tidak hanya peserta didik dikelas BSC namun juga untuk seluruh peserta didik di kelas reguler lainnya untuk lebih giat belajar dan berkontribusi terhadap pengembangan pendidikan dikomunitas sekolah. Pendekatan ini diharapkan mampu mengembangkan siswa dalam keterampilan berpikir kritis, berkolaborasi dalam tim, serta dapat menciptakan kepribadian siswa yang mandiri, terampil, disiplin dan inovatif (MATEDI) sesuai dengan visi sekolah.
Penanggung Jawab Program: Nurfaizah, M.Si